Kini beternak puyuh menjadi sasaran potensial baru dalam memenuhi kebutuhan pasar terhadap unggas dan telur. Puyuh merupakan unggas penghasil telur terbesar kedua setelah ayam ras petelur. Dilihat dari sisi konsumen, bukan hanya telur puyuh yang banyak disukai masyarakat. Daging puyuh juga sebenarnya sering dikonsumsi masyarakat. Lalu, apa saja yang menyebabkan beternak puyuh menjadi usaha yang menguntungkan?

  1. Memulai beternak puyuh tidak diperlukan modal besar dan lahan yang luas. Tidak seperti unggas lain, beternak puyuh bisa dilakukan di lahan yang tidak terlalu luas dengan modal yang kecil. Perawatan untuk 1.000 ekor hanya membutuhkan waktu 30—60 menit.
  2. Ayam dan itik baru mulai bertelur setelah berumur sekitar enam bulan, sedangkan puyuh sudah mulai bertelur pada umur 45 hari.
  3. Dibandingkan bobot badannya yang hanya sekitar 120 gram/ekor, puyuh menghasilkan telur dengan bobot 10 gram/ekor. Bobot tersebut hampir 8% dari bobot tubuhnya, padahal ayam hanya mampu menghasilkan telur dengan bobot 4% dari bobot badannya.
  4. Harga telur puyuh di pasaran selalu lebih tinggi dibandingkan dengan biaya produksi. Karena itu, belum pernah terjadi kisah seperti peternak unggas lain yang rugi akibat harga jual telur puyuh yang rendah.
  5. Harga telur puyuh cenderung naik terus dari waktu ke waktu. Harganya cenderung di atas biaya produksi.
  6. Hingga saat ini, permintaan telur puyuh selalu tinggi dibandingkan dengan pasokannya.
  7. Dibandingkan dengan unggas lain, puyuh tidak terlalu banyak mengidap penyakit. Bahkan, jenis vaksin yang diberikan cukup vaksin ND, Gumboro, dan AL.

Jika Anda tertarik berbisnis puyuh, Anda bisa memulainya sesuai budget, baik skala kecil atau besar. Sedangkan bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas, jangan khawatir. Seperti di sebutkan di atas, beternak puyuh juga bias dilakukan di lahan sempit.

Selain budget dan lahan, tentunya Anda juga harus memiliki ilmu dan wawasan seputar bisnis unggas kecil ini. Nah, untuk menunjang ilmu, wawasan, dan persiapan usaha Anda, Buku Pintar Beternak & Bisnis Puyuh terbitan AgroMedia Pustaka ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi Anda yang ingin memulai bisnis tersebut.


Buku Pintar Beteternak puyuhBuku ini telah melengkapi berbagai kebutuhan Anda dalam membangun usaha beternak puyuh, mulai dari persiapan hingga panen dan pemasaran.

Slamet Wuryadi menulis buku ini tidak hanya berdasarkan ilmu yang ia dapatkan dari berbagai literatur dan sumber lainnya, tapi juga ditambah dengan pengalaman-pengalamannya selama bertahun-tahun bergelut dalam bisnis & beternak puyuh.

Pada bab-bab pendahuluan, buku ini mengulas tentang prospek bisnis puyuh, baik dari segi keuntungan maupun pengelolaan. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan memulai membangun usaha beternak puyuh, seperti menentukan pasar, skala usaha, membangun kandang, menyiapkan pakan dan obat-obatan.

Pada bab-bab berikutnya, mengulas semua hal yang mesti dilakukan dalam mengelola peternakan puyuh, mulai dari pembibitan, pemeliharaan (starter, grower, & layer), pencegahan dan pengendalian penyakit, hingga pemanenan. Bahkan dilengkapi juga dengan kunci-kunci keberhasilan beternak puyuh dan analisis usaha sehingga Anda bisa menghitung anggaran membangun bisnis & beternak puyuh secara mudah dan maksimal.

beliditokopediabelidibukalapak


Dikutip dari agromedia.net